Skip to main content

Asuransi

Apa itu Asuransi ?
Asuransi adalah mekanisme proteksi atau perlindungan dari risiko kerugian keuangan dengan cara mengalihkan risiko kepada pihak lain. Asuransi bisa juga diartikan sebagai suatu perjanjian dimana seseorang penanggung mengikatkan diri kepada seorang tertanggung dengan menerima suatu premi untuk memberikan penggantian kepadanya karena suatu kerugian, kerusakan, atau kehilangan keuntungan yang diharapkan yang mungkin terjadi karena suatu peristiwa tak tertentu. 


Tunggu 5 Detik...

 Apa Manfaat Asuransi? 
Pada dasarnya asuransi memberikan manfaat bagi pihak tertanggung, antara lain: 
  1. Rasa aman dan perlindungan Polis asuransi yang dimiliki oleh tertanggung akan memberikan rasa aman dari risiko atau kerugian yang mungkin timbul. Kalau risiko atau kerugian tersebut benar-benar terjadi, pihak tertanggung (insured) berhak atas nilai kerugian sebesar nilai polis atau ditentukan berdasarkan perjanjian antara tertanggung dan penanggung. 
  2. Pendistribusian biaya dan manfaat yang lebih adil Prinsip keadilan diperhitungkan dengan matang untuk menentukannilai pertanggungan dan premi yang harus ditanggung oleh pemegang polis secara periodik dengan memperhatikan secara cermat faktor-faktor yang berpengaruh besar dalam asuransi tersebut. Untuk mendapatkan nilai pertanggungan, pihak penanggung sudah membuat kalkulasi yang tidak merugikan kedua belah pihak. Semakin besar nilai pertangguangan, semakin besar pula premi periodik yang harus dibayar oleh tertanggung. 
  3. Polis asuransi dapat dijadikan sebagai jaminan untuk memperoleh kredit. 
  4. Berfungsi sebagai tabungan dan sumber pendapatan Premi yang dibayarkan setiap periode memiliki substansi yang sama dengan tabungan. Pihak penanggung juga memperhitungkan bunga atas premi yang dibayarkan dan juga bonus (sesuai dengan perjanjian kedua belah pihak). 
  5. Alat penyebaran risiko Risiko yang seharusnya ditanggung oleh tertanggung ikut dibebankan juga pada penanggung dengan imbalan sejumlah premi tertentu yang didasarkan atas nilai pertanggungan.
  6. Membantu meningkatkan kegiatan usaha Investasi yang dilakukan oleh para investor dibebani dengan risikokerugian yang bisa diakibatkan oleh berbagai macam sebab (pencurian, kebakaran, kecelakaan, dan lain-lain). 
Jenis Asuransi Apa sajakah yang biasa digunakan ?
Asuransi yang bisa anda pilih antara lain: 
  1. Asuransi Mobil Jenis asuransi ini tergolong jadi asuransi paling laris, didukung dengan jumlah kendaraan yang makin membludak. Punya polis asuransi mobil merupakan satu kewajiban bagi pemilik mobil, apalagi pada daerah-daerah tersebut sangat rentan terjadi kecelakaan.
  2. Asuransi Kesehatan Asuransi ini sudah cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia dimana perusahaan akan menangani masalah kesehatan tertanggung dikarenakan penyakit yang diderita serta menanggung pula biaya perawatannya. Beberapa hal yang bisa ditanggung perusahaan biasanya jika pihak tertanggung mengalami cedera, cacat, sakit hingga kematian dikarenakan kecelakaan. Asuransi ini pun bisa digunakan untuk diri sendiri atau pihak ketiga seperti untuk anak atau istri. 
  3.  Asuransi jiwa Jenis asuransi ini akan memberikan keuntungan finansial jika pihak tertanggung meninggal dunia. Jenis asuransi jiwa pun memiliki perbedaan dimana ada yang bisa didapat setelah pihak tertanggung meninggal dunia ataupun bisa diklaim sebelum pihak tertanggung meninggal.
  4. Asuransi Kepemilikan Rumah atau Property Yang termasuk dalam jenis asuransi properti adalah rumah, ruko, gedung perkantoran, hotel dan lainnya. Jenis asuransi ini tujuannya untuk memproteksi property yang diasuransikan dari kerugian jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran atau hal lain yang mengakibatkan kerusakan rumah. 
  5. Asuransi Pendidikan Inilah asuransi yang banyak dipilih oleh masyarakat untuk memberikan yang terbaik bagi pendidikan anak-anaknya. Biaya yang harus dikeluarkan setiap bulannya tentu berbeda-beda tergantung dari tingkat pendidikan yang akan digapai. 
  6. Asuransi Kecelakaan Asuransi Kecelakaan Diri adalah asuransi yang memberikan santunan terhadap kematian, cacat total dan biaya pengobatan yang disebabkan oleh risiko yang disebabkan oleh kecelakaan yang tidak disengaja. Jenis asuransi ini biasanya sering diberikan oleh perusahaan terhadap karyawannya. 
  7. Asuransi Syariah Dengan mayoritas penduduk muslim, jenis asuransi syariah semakin berkembang di Indonesia. Pengelolaan risiko pada asuransi syariah pada dasarnya dilandasi prinsip sharing of risk di antara peserta. 
Bagaimana Cara Memilih Asuransi yang baik? 
Berikut ini merupakan tips cara memilih asuransi 
  1. Pahami jenis produk asuransi 
  2. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda 
  3. Ketahui manfaat yang akan Anda dapatkan 
  4. Ketahui rumah sakit yang bekerja sama dan jenis perawatannya
  5. Pilih premi yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda 
  6. Lihat kredibilitas perusahaan asuransi 
  7. Teliti kemudahan klaim
  8. Bandingkan dengan produk asuransi dari perusahaan lain 
 Disadur dari berbagai sumber
Newest Post
Oldest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->